Jumat, 10 Mei 2013

NAMA KU BUKAN NAMA DUKUN

     Aku lahir 26 tahun yang lalu di saat blog ini di ciptakan, aku lahir di desa kecil di jawa timur tepatnya di desa recosolo kabupaten Kediri yang terkenal dengan tahu taqwaNya dan sekarang di tambah dengan simpang lima gumulNya. pada tahun 1987, Pada tahun itu lah aku di lahirkan, dan aku di namai oleh kedua orang tua ku iskandar zulkarnain, nama yang bagus dan berbobot , tak jarang banyak pejabat tinggi maupun pejabat-pejabat teras yang hidupnya berhasil menggunakan  nama itu, selain itu banyak nama artis cantik-cantik dan ganteng rupawan yang nama nya sama kayak aku, namun demikian tak jarang juga sih ada juga yg namanya sama kayak aku yg jadi copet, tukang malak Dll deh..Semua balik lagi ma diri kita, mau namanya bagus, keren dan sekeren apapun kalu mentalnya rusak ya rusak aja tapi mudah mudahan ini gak trjadi ama aku itu doa yang selalu pinta ama yang maha kuasa.. kok jadi kemana-mana.. balik lagi ke soaal nama, kata bapak ku sih sebenernya dulu ada dua nama yang di siapin buat aku ceritanya. Spakah nama itu ? begini ceritanya bapak ku itu suka banget yang namany wayang.. pasti dah banyak yang tau teteng wayang kan nah bapak ku itu kalau liat wayang pulang nya suka pagi-pagi, lalu dengan hobi itulah aku mau dinamai dengan salah satu tokoh di pewayangan itu, bukan gatot kaca, kerisna, petruk atu gareng tapi aku dulu mau di namai Lengkung kusumo Joyo sembodro, kata bapak sih ini salah satu tokoh di pewayangan yang mempunyai badan besar gagah dan mempunyai wajah yang rupawan, yah.. mungkin berharapnya begitu juga saat aku lahir dan memakai nama itu. Tapi untungnya aku gak jadi di nama in nama lengkung kusumo joyo sembodro karna kata ibu ku  kalau pake nama itu lebih identik di gunakan untuk nama-nama seorang dukun atau para normal. Nah ibu ku gak mau klu saat aku besar nanti aku menjadi seorang dukun atu tukang ramal dan sejenisnya.  Oleh karna  itu ibu ama bapak ku sepakat aku di namai in iskandar zulkarnain..
Tapi nama iskandar zulkarnain  ini sering banget salah di ucapin ama eyang buyut ku, gak tau sih apa karna efek udah tua atau gimana tapi sering banget eyang buyut ku tu salah ngucapinnya,, sampek-sampek aku tu kalau di panggil cuman tolah toleh (tengok kanan-kiri) liat orang di sebelah ku untuk memastikan apakah aku yang beneran di panggil, kan kalau salah bias malu. Kan di desa ku itu yg nama hampir mirip ama ku itu  ada tp gak banyak (yang jelas bukan nama pasaran), aku dulu sering banget di panggil dengan nama iskandar bukan main ama eyang  buyut ku.

      Yah begitu banyak kontrofersi  tentang nama ku, sampe sekarang pun banyak yang manggil aku dengan nama panggilan lain,  sampai nama rege pun di sematkan pada ku, rege yang di maksut itu bukan rege aliran music yang sering di nyanyan oleh bob marley itu akan tetapi rege ini puny arti lain, yaitu rege yang artinya tempat nasi. Rege dalam bahasa jawa (gak tau jawa mana) iyu mempunyai arti tempat nasi yg di buat dari bahan pelastik, kalau  yang di buat dari bahan bambu itu namanya tompo.

      Namun demikian aku tetep bahagia dengan nama apa pun yg di sematkan oleh temen-temanku dan sahabat-sahabat ku padaku, yang jelas namaku bukan lah nama seorang dukun, apalagi nama seorang dukun ngibul, sebenarnya masih banyak hal yang unik dan ada sejarahnya dari nama-nama bangilan itu tp nanti deh di ceritaiin lagi.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar